Thursday, April 15, 2010

Aplikasi penjadwalan kuliah dosen gratis

Altaifa  Scheduler
Aplikasi digunakan untuk penjadwalan matakuliah dosen. Dengan aplikasi ini dapat dideteksi kemungkinan adanya tabrakan jadwal dosen. Aplikasi ini berguna untuk Administrasi Akademik perguruan tinggi dan dapat difungsikan untuk penjadwalan mata pelajaran di sekolah. Data-datanya dapat diimport secara serentak langsung dari file excel (tidak perlu input satu-persatu) dapat didownload di
http://www.mediafire.com/?lrlujh980y1xrga
contoh file excel dosen-mahasiswa yang bisa diimport dapat didownload di
http://www.mediafire.com/?j44429v198iea4n

lebih jelasnya lihat helpnya dibawah ini:

Altaifa Scheduler Aplikasi Penjadwalan dosen / guru / pengajar

















diprogram oleh 

Muchammad Aly mBA, S.Kom
dibawah kegiatan 
Altaifa Project
ditulis 
April 2010
bekerja sama dengan 
Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Agama Islam ALI BIN ABI THALIB SURABAYA


Sekilas Altaifa Scheduler  



Altaifa Scheduler pada mulanya dirancang untuk memudahkan bagian akademik dan kurikulum STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA dalam menyusun jadwal dosen yang mengajar perkuliahan. Disebabkan karena padatnyamateri kuliah yang harus diberikan pada mahasiswa dengan waktu jam kerja relatif pendek, permintaan dosen yang tidak dapat mengajar pada jam-jam tertentu, dan human error yang sering menyebabkan jadwal menjadi kurang valid dan memerlukan berulang kali revisi, karena adanya jadwal yang bertabrakan, sebelum jadwal menjadi benar-benar dapat dipakai.









Permasalahan klasik tersebut berulangkali muncul tiap semester, dimana jadwal memang harus dirubah. Menanggapi hal tersebut maka Pembantu Ketua I Bagian Akademik dan Kurikulum STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA
berinisiatif membuat aplikasi sederhana, fleksibel, ringkas, dan cepat yang membantu proses pembuatan jadwal para dosen sesuai matakuliahnya. Inti dari aplikasi tersebut adalah, bagaimana user dapat mengetahui bahwa jadwal yang dibuatnya terjadi tabrakan (seorang dosen mengajar pada kelas berbeda pada waktu yang sama).









Pembantu Ketua I STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA menunjuk Ketua Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA untuk mengerjakan pembuatan aplikasi ini.








Kurang dari dua bulan, pada tanggal 14 April 2010, lahirlah versi awal aplikasi penjadwalan dengan nama
Altaifa Scheduler, di bawah kendali Altaifa Project. Altaifa adalah nama suatu developer independen yang menjadi rekanan BAAK STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA dalam menyelesaikan proyek ini.






Sekilas Altaifa Project  

Altaifa Project adalah unit kerja yang menaungi sofware-software buatan Altaifa Sofware Developer yang ditujukan untuk dapat dipakai, digandakan, dan didistribusikan oleh publik secara bebas dan gratis.

Altaifa Project berupaya mencarikan donatur untuk dapat membiayai proyek-proyek software publik gratis yang dikembangkan oleh Altaifa Software Developer. Tidak ada proyek pembuatan software yang serius, baik saat pembuatan dan maintenance, ataupun support untuk usernya dari help center, tanpa adanya dana yang mencukupi untuk pengembangannya. Bahkan dalam komunitas open source internasional sekalipun.

Programmer dan help center tetap membutuhkan penghasilan yang mencukupi untuk kebutuhan keluarganya sehingga ia dapat tetap fokus dalam pengembangan software publik. Kecuali kalau memang programmer tersebut telah mapan dari sisi finansial dan mengerjakan proyek sofware publik hanya untuk hobi dan iseng. Namun programmer seperti ini sangat jarang. Apalagi jika programmer tersebut dituntut untuk tetap aktif dalam pengembangan software yang berkelanjutan dengan support dari help center secara professional. Ini lebih jarang lagi.

Karena tuntutan kebutuhan yang manusiawi tersebut maka Altaifa Project berusaha menjadi wadah sebagai pencari donasi bagi programmer Altaifa Sofware Developer yang terlibat dalam pengembangan sofware publik gratis.

Jika Anda sebagai pengguna merasakan manfaat yang berarti dari software ini, kami sarankan Anda untuk ikut berpartisipasi memberikan donasi demi kelanjutan pengembangan sofware. Sehingga diharapkan Scheduler menjadi lebih canggih dan kaya fasilitas, lebih bersih dari bug, dan lebih bermanfaat. Tidak hanya itu, jika Anda memberikan donasi, secara langsung Anda juga turut berbuat baik ikut memberikan sumbangsih pada masyarakat luas khususnya dalam bidang pengembangan pendidikan. Semoga Allah Subhanallaahu wa ta'ala memberikan balasan atas kebaikan Anda.

Donasi Anda berapapun dapat Anda transfer ke : 

Nomor Rekening 4690-118-667 BCA KCP Kenjeran atas nama Muchamad Aly Mimbar BA

Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan programmer melalui
Yahoo Messenger Id : mambamaestro
Email       : mambamaestro@gmail.com   
Phone       : 0818 081 080 25 (XL)

Kirimkan sms / email yang berisikan Nama, Kota / Kabupaten tempat domisili, institusi kerja Anda setelah memberikan donasi Anda sehingga kami lebih mengenali dan mensyukuri kepedulian Anda, atau sebagai solidaritas.

Menginstall Scheduler
Modus penginstalan Scheduler ada dua:
1. Penginstalan menggunakan paket instalasi (dijalankan dengan menjalankan file setup.exe)
2. Penginstalan dengan mengekstrak kompresi Scheduler Portable
Penginstalan menggunakan paket instalasi 1. Klik tombol setup.exe / install.exe
2. Ikuti petunjuk selama penginstalan
3. Untuk menjalankan Scheduler dapat dilakukan dari start menu
Penginstalan Scheduler Portable 1. Extract scheduler_portable.zip ke folder yang diinginkan. Jika sukses anda akan mendapatkan file-file berikut:




· Scheduler.exe  
· m.xml  
· m2.xml  
· note.htm  
· note_files folder  
· help folder  

2. Anda bisa secara langsung menjalankan aplikasi scheduler dengan mengklik dobel file Scheduler.exe

Tampilan Awal



Setelah tampilan splash screen scheduler Anda akan melihat tampilan utama berupa daftar (grid) yang terdiri atas kolom dosen, matakuliah, jml, sisa. Dengan nama-nama dosen dan matakuliah yang mungkin asing bagi Anda. Nama-nama tersebut adalah data contoh bawaan Scheduler.

Blok Kotak
Pada bagian Tengah terlihat kumpulan kotak-kotak yang terdiri atas blok-blok. Masing-masing blok terdiri atas lima kotak susun ke bawah dan kesamping. Susunan kotak ke bawah merepresentasikan jam kuliah yang berlaku di STAI ALI BIN ABI THALIB. Ada lima jam kuliah pada Hari Senin hingga Kamis, dan tiga jam kuliah pada hari Jum'at, Sabtu dan Ahad libur kuliah.

Blok kumpulan kotak merepresentasikan kelas (atau ruang) di STAI ALI BIN ABI THALIB yang hingga kini baru terdapat delapan ruang kelas untuk kuliah reguler. Lab komputer, Lab Bahasa, Masjid dan Hall tidak dimasukkan dalam program scheduler ini, walaupun kadang ruangan tersebut digunakan untuk kuliah.

Dalam beberapa kotak, terdapat data contoh dosen dan matakuliah yang diampunya yang terjadwal sesuai dengan hari, jam, dan kelas sesuai dengan posisi kotak. Nama dosen dan matakuliah yang ditampilkan berupa kode dosen dan nickmk (nick matakuliah / nama pendek matakuliah)


Daftar Dosen dan Matakuliah
Di samping kiri terdapat daftar yang terdiri atas
1. Kolom dosen : menampilkan kode dosen pengampu
2. Kolom matakuliah : menampilkan nama pendek dari matakuliah yang diampu dosen tersebut
3. Kolom jml : kependekan dari jumlah, adalah jumlah jam pertemuan kuliah dalam satu minggu

jumlah satu merepresentasikan satu kotak pada blok kotak  
4. Kolom sisa : adalah sisa dari jml yang belum dialokasikan pada blok kotak

Kotak Cek Drag 

Berfungsi untuk merubah modus. Cek kotak ini untuk mengaktifkan modus drag,mematikan modus edit. Modus drag harus diaktifkan jika Anda hendak mengalokasikan dosen ke Blok Kotak. Modus edit harus diaktifkan jika Anda mengganti data kolom jml atau sisa secara manual (tanpa melalui tombol + atau tombol -)
Tombol +
Berfungsi untuk menambah kolom jml seluruh baris data sebanyak 1
Tombol -
Berfungsi untuk mengurangi kolom jml seluruh baris data sebanyak 1.
Tombol Open File
Digunakan untuk membuka file hasil kerja penjadwalan Anda yang telah disimpan melalui Scheduler. Extensi file hasil kerja Scheduler adalah jdw (kependekan dari Jadwal), misalkan: "jadwal_februari.jdw", "tarbiyah 2010 gasal.jdw", dan sebagainya.
Tombol Save As..
Digunakan untuk menyimpan hasil kerja Scheduler dalam file jdw.
Tombol
Cetak
Digunakan untuk mencetak hasil kerja Scheduler ke printer.
Tombol Load From Excel
Digunakan untuk mengambil data dosen dan matakuliah dari file excel dalam format tertentu.
Tombol
Load From Database
Digunakan untuk mengambil data dosen dan matakuliah dari database. Tombol ini khusus untuk menghubungkan aplikasi scheduler dengan database mysql dari aplikasi sistem informasi akademik SysAk milik Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA.

Mengambil data dari excel 

Sebelum Anda mulai dapat bekerja melakukan penjadwalan, Anda harus mengisikan data dosen dan matakuliah yang diampunya yang akan dilibatkan dalam penjadwalan ini. Untuk melakukannya :

1. Klik tombol Load From Excel, akan tampil form dialog
Import From Excel
2. Klik tombol buka excel
3. Tentukan lokasi file excel yang akan diimpor ke scheduler, kemudian klik OK
4. Pastikan bahwa susunan file excel yang diimpor sesuai dialog pesan yang muncul
5. Koneksikan antara kolom excel dengan kolom database Scheduler, boleh jadi nama kolom excel yang Anda impor berbeda dengan nama kolom database Scheduler. Cara mengkoneksikannya dengan mengklik nama kolom excel pada kotak daftar
Kolom Excel dan klik nama kolom database yang dituju pada kotak daftar Kolom Database klik tombol [ > ]. Tautan akan muncul pada kotak daftar Link Kolom Excel dan Database.
6. Jika Anda terlanjur salah mentautkan kolom excel dan database, Anda dapat menghapus tautan dengan mengkliknya pada kotak kotak daftar
Link Kolom Excel dan Database dan mengklik tombol [ < ].
7. Klik [ Tambahkan Ke DB ] untuk menambahkan data pada kolom excel ke database sesuai tautan pada kotak daftar
Link Kolom Excel dan Database.
8. Klik Tombol
Post To Scheduler untuk menyimpan hasil impor ke Scheduler.
9. Data akan muncul pada Daftar (Grid) Dosen dan matakuliah disamping kiri form awal scheduler.



Catatan: Pastikan, bahwa kolom excel yang ditautkan pada kolom kd_pegawai database adalah kode dosen yang unik pada tiap-tiap dosen pengampu, demikian pula pada kolom nickmk database adalah nama singkat matakuliah yang unik pada tiap-tiap matakuliah. Scheduler akan menganggap dosen berbeda pada kode dosen yang berbeda, demikian pula sebaliknya. Scheduler akan menjadikan kode dosen sebagai acuan apakah terjadi tabrakan atau tidak pada dosen bersangkutan. Adapun nama pendek matakuliah berguna untuk menentukan di kotak mana pasangan dosen-matakuliah tersebut di letakkan. Maka jangan sampai :
1. Satu Kode Dosen dipakai lebih dari satu dosen
2. Satu dosen mempunyai lebih dari satu kode dosen
3. Tertukar kode dosen antara satu dosen dengan lainnya
4. Ada dosen yang tidak ada kodenya


Ketentuan nama pendek matakuliah sebagaimana ketentuan kode dosen. 


Mengambil data dari database

Fungsi ini hanya berlaku khusus untuk menghubungkan aplikasi Scheduler dengan aplikasi sistem informasi akademik SysAk yang dikembangkan oleh Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan STAI ALI BIN ABI THALIB SURABAYA.
Untuk dapat menjalankan fungsi ini jalankan dulu database server mysql SysAk, kemudian klik tombol Load From Database, daftar dosen dan matakuliah akan berisi dengan dosen dan matakuliah diampunya sesuai dengan semester ajaran yang diaktifkan.

Menjadwal Dosen / Pengajar 

Untuk menentukan jadwal dosen dan matakuliah yang diampunya sebagai mana terdapat pada daftar dosen dan matakuliah pata grid disamping kiri, terlebih dahulu harus ditentukan jumlah alokasinya pada kolom jml.

Anda dapat mengisikan kolom jml secara serentak dengan mengklik tombol [ + ] atau mengurangi secara serentak dengan mengklik tombol [ - ], atau dengan mengedit secara langsung melalui modus edit ( dengan menghilangkan cek pada kotak cek
Drag (Edit Off) ).

Setelah menentukan jumlah mengajar matakuliah dosen melalui input pada kolom jml, dan mengaktifkan modus drag (dengan mencek kotak cek
Edit (Drag Off) ), penjadwalan dosen dapat dilakukan dengan cara
1. Klik daftar dosen dan matakuliah pada daftar
2. Klik pada kotak yang dituju, pada satu kali langkah ini kolom sisa akan berkurang satu
3. Untuk membatalkan alokasi jadwal dosen yang terlanjur dilakukan, klik dobel pada kotak yang berisi dosen dan matakuliah yang hendak dibatalkan, pada langkah ini kolom sisa yang bersesuaian akan bertambah satu
4. Lakukan berulangkali sehingga seluruh dosen dan matakuliah yang diampunya kolom sisanya menjadi nol atau sesuai kebutuhan
5. Jika terjadi tabrakan (seorang dosen pada saat yang sama mengajar pada dua tempat yang berbeda) jadwal yang bertabrakan akan menampilkan blib merah secara bergantian
6. Anda tidak dapat melanjutkan penjadwalan jika tabrakan belum diselesaikan (dengan cara membatalkan salah satu dari jadwal sesuai langkah 3)
7. Jika Anda mengklik daftar dosen dan matakuliah yang telah dialokasikan, kotak-kotak letak pengalokasikan tersebut akan menampilkan warna biru



Mencetak Jadwal 
Untuk mencetak jadwal yang telah dibuat di printer, dilakukan dengan cara mengklik tombol Cetak.


Menyimpan Hasil Kerja
Untuk menyimpan hasil kerja, dilakukan dengan cara:
1. Tekan tombol Save As...
2. Tentukan lokasi penyimpanan
3. Tentukan nama file yang secara otomatis akan berekstensi .jdw
4. Klik OK untuk menyimpan, Anda dapat dikemudian hari membuka file simpanan Anda dengan mengklik tombol
Open File.
 

1 comment: