Wednesday, June 9, 2010

Membuat Aplikasi HP dengan bahasa pascal (MidLet Pascal)

Pengen tahu cara membuat aplikasi HP dengan pascal ? Buat programmer java, mungkin dah terbiasa menggunakan J2ME  untuk bikin aplikasi HP dengan Java MIDP nya. Buat programmer Delphi, Object Pascal, Lazarus? wehhehehe, masih dalam pengembangan. Saya sendiri dalam masa transisi ke Lazarus dari teman tercinta saya, Delphi 7.

Memang framework java banyak disediakan oleh produsen HP saat ini, but programmer Delphi, Object pascal, Lazarus tidak perlu kecil hati. Ada Midlet Pascal, yang dengannya bisa membuat aplikasi hp under java framework menggunakan Bahasa Pascal. Midlet Pascal akan mengompilasi source code pascal menjadi java bytecode. Menarik Bukan? he he he. Donwload aja :
1. Tutorial Midlet - Tutorial membuat aplikasi hp dengan pascal
2. IDE Midlet - IDE untuk memprogram aplikasi hp dengan pascal

Untuk bisa melihat hasilnya di komputer, sebelum benar-benar ditancapkan di HP, anda bisa menggunakan simulator hp semacam sun java wireless toolkit milik sun, yang akan menampilkan hasil running aplikasi kita dalam sebuah simulasi HP di layar komputer. sun java wireless toolkit bisa di donwload melalui direct link di sini

1 comment: